Minggu, 13 Februari 2011

BAHAYA MENGINTAI DIBALIK LEZATNYA JUNKFOOD

junk food

Menyantap hidangan yang kita sukai tentu menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi jika makanan tersebut memiliki cita rasa manis, asin dan gurih yang menjadi perpaduan tiga rasa yang paling digemari orang – orang. Contohnya ya, fried chicken, burger, french fries, hingga minuman bersoda. Rasa yang enak dan penyajian yang cepat membuat semakin banyak orang menyukai junk food. Bayangkan ketika kita lagi sibuk – sibuknya bekerja atau belajar, lalu menyantap hidangan yang kita sukai, rasanya sangat menyenangkan dan menghibur. Tapi ternyata kandungan nutrisi pada junk food sangatlah terbatas.

Umumnya yang termasuk golongan junk food adalah makanan yang kandungan garam, gula, lemak, dan kalorinya tinggi, tapi kandungan gizinya sedikit. Yang paling gampang masuk dalam jenis ini adalah keripik kentang yang mengandung garam, permen, semua dessert manis, makanan fast food yang digoreng, dan minuman bersoda atau berkarbonasi.

Pada maknan junk food biasanya kandungan vitamin, protein atau mineralnya sangat sedikit. Junk food mengandung banyak sodium, saturated fat, dan kolesterol. Bila jumlah ini terlalu banyak di dalam tubuh, maka akan menimbulkan banyak penyakit. Dari penyakit ringan sampai penyakit berat seperti darah tinggi, stroke, jantung, dan kanker.



Bahaya banget ya…Padahal aku sendiri sangat suka makanan junk food… : (



Ini tips agar tubuh kita teteup sehat meskipun masih mengonsumsi junk food :

o Sarapan yang tepat

Mulailah hari dengan mengonsumsi menu sarapan sehat seperti jus buah, susu rendah lemak, yoghurt, sereal tinggi serat, dan buah. Orang yang berpola makan tinggi serat mencerna makanan secara lambat. Akibatnya, rasa lapar tertunda dan keinginan untuk mengasup makanan berlemak berkurang. (Yuhuu.. ^^ bisa sekalian diet nih!)

o Hindari kulit fried chicken

Sebaiknya ketika mau makan friedchicken buang aja kulitnya (huhu..T~T padahal rasanya enak). Kulit ayam , terlebih ayam ras mengandung sumber lemak jenuh dan kolestrol. Fried chicken menggunakan teknik penggorengan deep frying berkandungan lemak bahan yang digoreng jauh lebih besar dibandingkan bahan yang digoreng dengan teknik penggorengan biasa.

o Pilih nasi

Kandungan lemak dan sodium french fries sangat tinggi, jadi saat mau mengonsumsi junk food, pilihlah nasi. Bila mau membeli burger carilah jenis yang lebih banyak mengandung bahan nabati dibandingkan hewani. Jika memungkinkan perbanyak isi sayurnya, seperti selada, tomat, mentimun, dan sebagainya.

o Potong porsi dan ukuran (duh, gag puas dumz..)

Jangan mencoba berpantang makan junk food karena kita mungkin justru tergoda untuk mencomotnya. Jika ingin, belilah dalam porsi kecil lalu bagilah dengan rekan atau teman anda.

o Mulai olahraga

Olahraga akan memompa endorfin, yaitu morfin alami dalam tubuh, untuk beredar ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga kita jadi punya waktu sedikit untuk makan.

dikutip dari
http://riendzt.wordpress.com/2008/06/29/bahaya-mengintai-dibalik-lezatnya-junkfood/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar